Cara Memulai Usaha Kantin Sekolah Agar Sukses

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa menjadi seorang pengusaha memang memiliki banyak sekali keuntungan mulai dari kebebasan waktu hingga peluang untuk meraih kebebasan finansial.

Setiap orang memang ingin menjadi seorang pengusaha yang sukses, namun sayangnya kesuksesan di dalam dunia usaha tidaklah bisa diraih dengan mudah karena pastinya akan ada berbagai macam rintangan yang harus dihadapi pada saat menjalankan suatu usaha mulai dari permodalan hingga persaingan usaha.

Saat ini ada banyak peluang usaha yang bisa Anda pilih, tetapi memilih jenis usaha harus dilakukan secara jeli dan harus mempertimbangkan berbagai macam hal terlebih dahulu.

Dari berbagai macam peluang usaha yang tersedia, usaha kantin sekolah merupakan salah satu usaha yang sangat layak untuk dijadikan sebagai pilihan sebab jenis usaha yang satu ini memang memiliki peluang yang menjanjikan untuk mendapatkan keuntungan yang besar.

Jika Anda tertarik, pada kesempatan kali ini akan kami ulas cara memulai usaha kantin sekolah.

Cara Memulai Usaha Kantin Sekolah

1. Memilih Lokasi Sekolah

Untuk memulai usaha kantin sekolah, tentu saja Anda harus memilih lokasi sekolah terlebih dahulu. Anda bisa memilih untuk membuka kantin di beberapa jenjang sekolah mulai dari SD, SMP, hingga SMA, namun perlu diperhatikan bahwa setiap jenjang sekolah akan memiliki target paar yang berbeda. Tidak hanya itu saja, Anda juga harus meminta ijin terlebih dahulu kepada pihak sekolah untuk membuka kantin.

2. Memilih Produk Yang Akan Dijual

Hal kedua yang juga harus Anda lakukan pada saat memulai usaha kantin sekolah adalah memilih jenis produk yang akan dijual. Perlu Anda ketahui bahwa setiap jenjang sekolah, siswanya memiliki daya beli yang berbeda-beda sehingga harus dijadikan pertimbangan dalam memilih produk yang akan dijual, Anda bisa menjual berbagai macam produk mulai dari makanan hingga alat tulis.

3. Memberikan Harga Yang Terjangkau

Setelah memilih produk yang akan dijual, Anda juga harus menentukan harga jual dari produk-produk tersebut. Seperti yang Anda ketahui bahwa target pasar yang utama dari usaha kantin sekolah adalah para siswa yang ada di sekolah tersebut, oleh karena itulah maka sebaiknya Anda tidak menjual produk dengan harga yang terlalu mahal karena hal ini justru akan membuat produk Anda sulit terjual.

4. Merekrut Karyawan

Apabila Anda merasa kewalahan untuk mengelola kantin sekolah sendirian, maka tidak ada salahnya apabila Anda merekrut seseorang untuk dijadikan sebagai karyawan. Kehadiran seorang karyawan tentu saja akan sangat membantu Anda dalam mengelola kantin sekolah karena akan membuat pekerjaan Anda menjadi semakin rjngan, namun tentu saja Anda harus merekrut karyawan yang disiplin dan jujur.

5. Memberikan Pelayanan Yang Ramah

Setiap pelaku usaha tentu saja harus memberikan pelayanan yang ramah kepada para konsumennya, hal ini disebabkan karena pelayanan akan sangat mempengaruhi kepuasan konsumen. Meskipun sebagian besar konsumen Anda adalah para siswa yang notabene masih anak-anak, namun Anda tetap harus memberikan pelayanan yang terbaik dan juga ramah agar kantin Anda lebih laris.

Dari banyaknya jenis usaha yang bisa Anda pilih, kantin sekolah menjadi salah satu jenis usaha yang memiliki peluang sangat menjanjikan.

Leave a Comment