Mengenal Apa itu Branding

Pada saat Anda membeli barang, maka akan ditemukan sebuah brand yang menempel pada barang tersebut. Brand menjadi ciri khas sebuah produk yang digunakan untuk membangun barang atau jasa agar lebih dikenal oleh masyarakat luas. Namun banyak orang yang belum faham tentang apa itu branding. Padahal, antara satu produk dengan produk lain pastinya memiliki brand yang tidak sama.

Barang ataupun jasa tidak akan dikenal oleh masyarakat jika tidak memiliki brand di dalam produknya. Oleh karena itu, memasukkan barang ke dalam merek dagang harus di nomor satukan. Jika produk menyebar luas, maka yang pertama dikenal adalah brand tersebut. Berikut ulasan singkat mengenai branding yang harus diketahui.

Pengertian Branding

Beberapa pengertian tentang branding menurut para ahli:

Menurut Landa (2006), pengertian branding bukanlah sekedar merk atau nama dagang dari sebuah produk, jasa atau perusahaan.

Sementara menurut Kotler (2009), pengertian branding adalah pemberian nama, istilah, tanda, simbol, rancangan, atau kombinasi dari kesemuanya yang dibuat dengan tujuan untuk mengidentifikasi barang atau jasa atau kelompok penjual dan untuk membedakan dari barang atau jasa pesaing.

Adapun menurut Wikipedia, pengertian branding adalah proses penciptaan atau peninggalan tanda jejak tertentu di benak dan hati konsumen melalui berbagai cara yang memberikan dampak bagi kehidupan konsumen tersebut.

Dari beberapa pengertian diatas, maka bisa disimpulkan mengenai apa itu branding. Bahwa branding merupakan pemberian suatu logo atau merek dagang kepada produk yang dijual di masyarakat luas. Dengan menggunakan branding, maka produk yang Anda tawarkan memiliki ciri tertentu sehingga orang lebih mudah dalam mengenalinya.

Biasanya kebanyakan orang ketika membeli barang akan bertanya apa merk barangnya. Dengan memberikan branding, maka pertanyaan itu akan terjawab dengan sendirinya. Selain mudah dikenali, dengan branding maka sebuah perusahaan akan memiliki nilai jual yang lebih dan juga terlihat lebih menarik.

Salah satu tempat yang tepat untuk Anda mendapatkan logo Anda adalah Jasa Desain Logo ini.

Unsur-unsur di dalam Branding

Untuk membuat suatu branding. Maka harus mengetahui apa saja yang harus ada di dalam branding itu tersendiri. Bukan hanya unik, akan tetapi suatu brand harus bisa dengan mudah dimengerti oleh pembeli. Oleh karena itu, semua unsur di dalam branding harus lengkap. Unsur-unsur branding diantaranya adalah sebagai berikut.

Nama Merek atau brand

Anda dapat menentukan nama dari produk yang akan ditawarkan. Buat nama yang unik namun mudah diingat oleh pembeli. Keunikan nama memberikan nilai positif tersendiri untuk barang tersebut.

Logo

Biasanya berbentuk gambar pada kemasan produk yang dijual. Gambar tersebut bisa berupa benda ataupun barang serta gabungan keduanya. Desain logo sebaiknya dibuat semenarik mungkin karena dengan logo yang menarik, maka menarik pula brand tersebut.

Tampilan visual

Desain kemasan untuk membungkus brand Anda dengan baik. Kebanyakan orang menilai barang dari bentuk kemasannya. Produk yang bersih dan higienis memiliki nilai jual lebih kepada pembeli.

Juru Bicara

Untuk memasarkan brand Anda, maka memerlukan seseorang yang dapat mempromosikan produk tersebut, baik melalui lisan ataupun tulisan. Pada saat ini, juru bicara banyak dilakukan  lewat online.

Kata-Kata

Berikan kata-kata yang mudah diingat oleh pelanggan Anda. Bisa ditaruh di kemasan ataupun di ucapkan saat promosi brand terkait. Dengan begitu brand Anda memiliki ciri khas tersendiri.

Tidak semua brand yang beredar bisa langsung terkenal. Semua dari brand tersebut pasti  mengalami perjalanan yang cukup panjang dalam memulai bisnis mereka. Semakin besar bisnis, maka akan semakin dikenal brand tersebut di kalangan konsumen. Oleh karena itu, sebelum memulai bisnis anda hendaknya pahami dulu tentang apa itu branding.

Tinggalkan komentar